Berapa Gaji Kerja Di Hongkong?

Berapa gaji kerja di Hongkong? Berkisar di angka HKD 4.000-5.000 atau sekitar 6-7 juta Rupiah. Itu untuk TKI yang tak memiliki KTP Hongkong. Bila TKI memiliki KTP Hongkong, gaji bisa mencapai HKD 9.000-10.000 atau sekitar 11-13 juta Rupiah. Gaji sebesar ini tentu menarik buat para pekerja asal Indonesia. Dibandingkan dengan Malaysia dan Arab Saudi, jelas besaran gaji yang ditawarkan oleh negara bekas persemakmuran Inggris Raya itu menjadi pilihan favorit.
Berapa Gaji Kerja Di Hongkong?
Hongkong dengan pelabuhan internasional yang sebagai pusat perdagangan dunia
Hongkong merupakan salah satu pusat bisnis keuanga dunia. Sistem ekonomi yang diterapkan yaitu kapitalis yang dapat dilihat dari kebijakan pengenaan pajak rendah dan kebijakan perdagangan bebas. Di sini banyak terdapat kantor pusat dari perusahaan-perusahaan raksasa dunia. Bursa saham Hongkong menempati uruan ke-7 dunia dalam hal nilai kapitalisasinya. Tak mengherankan kalau perputaran modal dan uang sangat cepat di negara yang resmi kedaultannya diserahkan ke Tiongkok dengan status otonom tanggal 1 Juli 1997.

Dibandingkan dengan negara Taiwan, Korea dan Jepang, besaran gaji kerja di Hongkong termasuk yang rendah. Ketiga negara tersebut menawarkan gaji yang lebih besar untuk para TKI. Korea menempati teratas dalam hal jumlah nominal gaji yang diterima oleh TKI yang bekerja sebagai PRT. Keempat negara tersebut juga sangat baik dalam menangani urusan hak-hak ketenagakerjaan. Berbeda dengan negara Malaysia dan Arab Saudi yang hak-hak pekerja dari Indonesia sering mengalami ketidakadilan.
Berapa Gaji Kerja Di Hongkong?
Di taman inilah para TKI berkumpul pada hari libur mereka
Permasalahan hak-hak TKI harus diperhatikan, tak hanya soal berapa gaji yang akan diterima juga hak-hak lainnya terkait sebagai buruh migrant. Perlakuan yang diterima oleh buruh migrant Indonesia (BMI) selama bekerja di negeri orang merupakan salah satu alasan mengapa negara itu dipilih. BMI akan lebih tertarik pada negara yang dapat melindungi hak-hak sebagai pekerja dan memiliki penerapan hukum yang jelas.


Jadi, tak hanya soal berapa gaji kerja di Hongkong yang bisa membuat TKI tertarik bekerja di negara tersebut. Namun, ada perlindungan hak-hak pekerja dan penerapan hukum yang jelas menjadikan salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Mereka bekerja ke luar negeri memiliki tujuan supaya taraf hidup mereka meningkat. Malah bukan sebaliknya.