Bonsai Bunga Dan Buah Prunus

Nilai tinggi bonsai bunga dan buah prunus tentu dari keindahan bunga dan buahnya. Namun, tak hanya itu saja nilainya, ada juga kelebihan lainnya yang tak mau kalah tingginya, yaitu bersosok kokoh, tampak tegar, dan tampak berumur sudah puluhan tahun. Dengan sederetan nilai lebih ini yang membuat bonsai prunus digemari oleh masyarakat dunia.
Bonsai Bunga Dan Buah Prunus
Bonsai Prunus persica yang tampil memikat
Sejak dahulu tanaman prunus dipakai sebagai elemen lunak taman gaya Jepang dan China. Bisa diamati dari aneka jenis tanaman yang ada di taman tersebut selalu menyertakan cherry hias di dalamnya. Tanaman ini juga umum dijumpai di kebun kecil, di deretan tanaman penghijauan, dan taman di kuil-kuil.

Sekarang, bonsai bunga dan buah prunus termasuk primadona dalam dunia perbonsaian. Jenis prunus ada sekitar 200-an yang terbagi lagi menjadi banyak varietas. Sekitar 150 jenis prunus sudah lazim dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Jenis-jenis yang masuk ke dalam cherry hias, antara lain; almond, apricot, nectarine, peach, plum dan cherry. Sosok tanaman hias ini pada umumnya semak atau pohon kecil. Ia memiliki sifat meranggas atau menggugurkan daun. Pada saat daun-daun berguguran inilah yang menjadi tanda dimulai kemunculan bunga-bunga. Bunga yang muncul tampil cantik dan mempesona dengan warnanya yang merah muda, merah dan putih. Ada jenis yang hanya berbunga satu, ada pula yang berbunga ganda dan berkelompok.

Bonsai bunga dan buah prunus
Jenis-jenis prunus yang bagus untuk dibuat bonsai, antara lain: Prunus mume (apricot), Prunus persica (peach), Prunus armeniaca (apricot), Prunus dulcis (almond) dan Prunus mahaleb. Bonsai Prunus armeniaca bisa berbuah sehingga lebih banyak menarik perhatian bila dibandingkan dengan bonsai-bonsai dari jenis lainnya.

Bonsai Prunus armeniaca memiliki daun-daun berbentuk bulat telur yang bergagang. Bila ada buahnya akan terlihat kontras karena warna buahnya yang kuning cerah. Bunga berwarna merah muda cenderung putih. Bunga-bunga ini akan muncul di bagian cabang sebelum tunas-tunas daun muncul.

Supaya bentuk bonsai selalu tampak indah, daun-daun harus dipangkas secara selektif. Pada saat penggantian media tanam dan pot, perakarannya perlu dibentuk dan dikurangi sebagian kecil. Akar-akar yang tidak sehat dibuang supaya nantinya tanaman memiliki sistem perakaran yang baik. Lakukan juga pengurangan jumlah tunas-tunas baru setelah pembungaan. Setelah itu baru batang dan cabang dibentuk.

Bonsai prunus berbunga tak kalah memikat
Bonsai prunus yang berbunga akan menampilkan kecantikan yang mempesona. Bunga-bunga yang muncul bisa kompak dan menelimuti hampir seluruh tajuk tanaman. Terkadang, bonsai ini hanya ada bunga-bunga tanpa ada dedaunan sehingga panampilannya tambah eksotis.

Contoh bonsai prunus yang berbunga yaitu dari jenis Prunus mume. Jenis ini merupakan tanaman asli dari Cina dan Korea. Tanaman yang hidup di iklim subtropis ini akan berbunga merah muda sampai putih. Batang tanaman yang berwarna kelabu tua ditambah ranting-ranting muda kehijauan akan menambah kesan kuat penampilan bonsai ini. Bunga-bunga akan tampil prima bila tanaman menerima sinar matahari secara penuh. Kelembabannya juga harus cukup. Media tanam yang dipakai berupa campuran 50% tanah liat, 25% humus daun dan 25% pasir.

Jenis prunus lainnya yang cocok sebagai bonsai berbunga yaitu Prunus persica atau peach. Sosok tanamannya berupa pohon kecil atau semak. Batang ramping, halus dan kulit kayu tampak bercelah-celah. Tampilan pohon ini akan menampakan kesan tua dan seperti pohon di alam. Tampilan pesonanya semakin tinggi saat bunga-bunga bermunculan dengan warnanya yang merah muda cerah sampai merah. Tampilan unik bisa saja terjadi pada saat bunga-bunga muncul yang hanya di sebagian cabang-cabang pohonnya, sedangkan cabang-cabang lainnya tampak meranggas atau gundul. Hal ini yang menciptakan penampilan cabang dan rantin-ranting tampak jelas yang memberikan nuansa romantis dan syahdu.