Ragam Khasiat Jagung Muda (Baby Corn)

Segudang ragam khasiat jagung muda (baby corn) yang bisa kita peroleh, antara lain: pengatur tekanan darah, penjaga detak jantung tetap normal, mengatur keseimbangan elektrolit dalam jaringan tubuh, diuretik, atasi batu ginjal dan hipertensi. Selain rasanya yang enak bila disayur untuk beragam masakan, ia juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Rugilah kalau tak mengkonsumsinya.
Ragam Khasiat Jagung Muda (Baby Corn)
Baby corn, semua bagiannya berkhasiat
Jagung muda atau putren (Jawa) yang bersosok mungil memang memiliki manfaat yang banyak. Sayuran yang biasa dikonsumsi untuk sop asam jawa, tumis dan beragam masakan lainnya kaya kandungan kalium dan sodium. Kedua unsur tersebut sangat bagus bagi tubuh untuk mengatur tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal.

Cocok bagi atlit
Ragam khasiat jagung muda (baby corn) lainnya yaitu bisa menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh. Bagi yang terbiasa berkeringat, atlet maupun yang suka bekerja dengan fisik tentu sangat disarankan mengkonsumsi putren ini. Tiap 100 gram baby corn mengandung 33 kkal kalium, 2,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 7,4 gram karbohidrat dan 52 miligram fosfor.

Unsur kalium bermanfaat untuk mengatur keseimbagan asam basa tubuh, memperlancar metabolisme karbohidrat dan protein dalam tubuh. Bagi orang yang pernah mengalami asidosis pada penderita diabetes mellitus, diare, keringat berlebih dan muntah, asupan kalium dalam jumlah cukup mutlak diperlukan. Di dalam jagung muda ini terkandung unsur kalium yang cukup banyak. Terutama di dalam air baby corn.

Rambut kaya khasiat
Baby corn berperan sebagai diuretik atau peluruh urin. Hampir semua bagian jagung muda bisa dikonsumsi baik tongkol, daun mudanya bahkan rambutnya. Untuk diuretik, dicampur dengan daun kumis kucing (Orthosipon aristatus). Pada rambut jagung muda terkandung senyawa galaktan, xilan, dektrosa, saponin dan flavonoid.

Pemakaian baby corn bersama meniran (Phyllanthus urinaria) yang direbus bisa mengatasi penyakit batu ginjal. Rebusan rambut jagung muda bermanfaat untuk hipertensi. Dengan segudang ragam khasiat jagung muda (baby corn) tersebut tentu Anda akan lebih bersemangat mengkonsumsinya. Selain lezat rasanya, kaya khasiat pula.