Ini Cara Bikin Awet Muda Bagi Wanita

Lihatlah Candy Law yang masih tampil imut bak remaja usia 17-an, muda, segar dan cantik. Padahal, usianya sudah lebih dari 50 tahun. Tetap awet muda bagi wanita di usia paruh baya tentu sangat didamba-dambakan. Wanita yang tampak muda akan lebih menarik perhatian dan tentunya membuktikan bahwa dirinya sehat serta memiliki gaya hidup teratur. Kualitas hidupnya pun turut baik yang banyak ingin diraih oleh orang banyak. Tentu Anda ingin seperti ini bukan?
Ini Cara Bikin Awet Muda Bagi Wanita
Sayur mayur dan buah kaya antioksidan yang bermanfaat menunda penuaan dini
Proses penuaan merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh setiap mahkluk hidup. Proses ini terbagi menjadi dua yaitu proses intrinsik dan ekstrinsik. Proses intrinsik terjadi akibat faktor fisiologis dalam tubuh seperti genetis, hormonal dan ras. Sedangkan proses ekstrinsik terjadi akibat dari faktor luar tubuh seperti sinar matahari, stress, lingkungan tak sehat dll. Penuaan intrinsik tak dapat dicegah, tapi masih bisa diperlambat prosesnya.

Semakin bertambah umur seseorang, pertumbuhan kulit akan semakin melambat karena kulit mati tak dapat terkelupas sendiri secara spontan. Hal ini yang mengakibatkan terjadi penumpukan kulit mati. Penumpukan ini yang menghalangi proses pertumbuhan kulit selanjutnya dan kulit baru tak mampu muncul ke permukaan karena tertutupi tumpukan kulit mati.

Pemakaian kosmetika
Banyak kaum hawa yang masih keliru dalam memanfaatkan kosmetika yang justru mempercepat proses penuaan. Misalnya saja, memakai sabun yang terlalu sering, membersihkan muka dengan kosmetika yang mengandung alkohol kadar tinggi untuk jenis kulit kering atau normal. Pemakaian sabun dan kosmetika seperti ini bisa menambah kekeringan kulit karena hilangnya lemak-lemak di permukaan kulit. Bisa dilihat dari warna kulitnya yang tampak kusam.

Seseorang yang mengalami penuaan dini, bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain: gizi buruk atau malnutrisi, penurunan berat badan yang terlalu cepat, stress, otot-otot muka yang sering terpakai seperti cemberut dan marah-marah, adanya penyakit menahun seperti diabetes mellitus dan kecanduan alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebih akan menyebabkan terhentinya pertumbuhan sel-sel baru.

Cara bikin awet muda bagi wanita yang bisa dilakukan yaitu dengan mengupayakan proses perlambatan penuaan. Upaya yang bisa dilakukan meliputi usaha pencegahan, perawatan dan pengobatan atau peremajaan. Usaha pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari langsung mulai pukul 9 pagi sampai dengan 3 sore. Bila terpaksa berada di luar ruangan, disarankan memakai sunscreen atau sunblock. Sunscreen bekerja layaknya pelindung atau benteng dari terpaan sinar matahari supaya sinar ultraviolet tidak mengenai langsung ke kulit. Sedangkan sunblock berfungsi menahan dan mengembalikan sinar yang masuk.

Sayangnya, sunscreen dan sunblock memiliki efek samping. Bila terlalu sering dipakai akan menimbulkan kemunculan jerawat. Semakin tinggi spf-nya berarti kandungan zat kimianya juga semakin tinggi yang akibatnya bisa mengganggu fungsi kulit seperti penguapan atau respirasi. Oleh karena itu, segera setelah dipakai, harus langsung dibersihkan.

Olah raga
Cara bikin awet muda bagi wanita yang biayanya termurah yaitu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olah raga yang baik dan teratur akan menjaga kebugaran sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Kombinasikan olah raga aerobik dan beban untuk memberikan hasil yang optimal. Contoh olahraga aerobik antara lain: renang, jalan kaki, jogging, dan sepeda stationer. Seseorang yang bisa mencapai strong women mediac (jantung kuat, otot kua, tubuh sehat) akan membuat orang tersebut awet muda.

Olahraga teratur dan cukup takarannya sesuai usia akan memberikan dampak positif yang baik bagi tubuh, antara lain: mengurangi risiko mengidap beberapa penyakit seperti jantung koroner, stroke, diabetes dan menunda osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Jangan lakukan olahraga berlebih karena tidak ada manfaatnya walau tubuh mengeluarkan banyak keringat. Takaran olahraga ada tiga yaitu intensitas (kerasnya melakukan latihan), lama waktu olahraga dan frekuensi latihan tiap minggunya.

Olahraga yang dilakukan tiap 3 hari sekali dalam seminggu dengan hari yang tak berturutan akan memberikan efek yang terbaik bagi tubuh. Hindari olahraga yang dilakukan secara berturut-turut tiap hari karena akan membuat otot-otot dipaksa yang malah akan mengakibatkan cedera bagi otot. Otot memerlukan waktu selama 48 jam untuk memulihkan diri setelah berolahraga.

Nutrisi sehat dan berimbang
Memenuhi asupan makanan dengan nutrisi sehat dan berimbang juga merupakan salah satu hal yang bikin awet muda bagi wanita. Konsumsi makanan sehat dan pengaturan diet makanan yang baik berperan penting untuk memperbaiki kulit dari dalam. Upayakan pilih makanan berdasarkan eat for health yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat. Untuk menunda penuaan, pilih makanan dengan sumber protein yang lebih sedikit daripada vitamin, mineral dan serat.

Sebenarnya, tak ada pantangan makanan yang tak boleh dimakan. Semua jenis makanan bisa dikonsumsi, asalkan komposisinya dikontrol. Misalnya saja, pengidap hipertensi bukan berarti tak boleh makan-makanan daging. Boleh konsumsi daging, tapi hanya sedikit saja. Contoh menu sehat; untuk sarapan bisa dengan roti, margarin, selai, susu. Untuk makan siang bisa dengan buah, susu. Untuk sore hari bisa jagung rebus atau pisag untuk mempertahankan stamina. Hindari makan malam 2 jam sebelum tidur dan porsi jangan terlalu banyak karena nutrisinya banyak yang akan tersimpan menjadi lemak sehingga mengakibatkan kegemukan.