Tribulus Si Pembangkit Gairah dan Stamina

Ia pendatang baru dalam hal pembangkit gairah dan stamina. Wajar kalau namanya masih terdengar asing "Tribulus". Bahkan, masih banyak orang yang mengira saat mendengar namanya, ia sejenis hewan laut atau malah ada yang membayangkan reptil berkarapas bulus. Padahal, ia adalah jenis tumbuhan.
Tribulus terrestris

Tribulus terrrestris bersosok semak berduri. Tanaman yang berasal dari daerah subtropis kawasan Mediterania. Ia dari keluarga Zygophillaceae. Dari tanaman asli Mediterania telah tersebar luas ke Eropa, Afrika hingga ke Asia. Sejak lama sudah dikenal sebagai tanaman obat, antara lain: diuretik, peningkat mood, antiseptik, antiradang, lever, ginjal dan kardiovaskular.

Deskripsi Tribulus terrestris
Sosok tanaman menjalar yang bisa tumbuh tinggi mencapai 2,5 cm. Daun berbentuk mirip daun turi, memiliki 6-7 pasang anak daun. Permukaan atas tulang daun dilapisi bulu-bulu halus. Bunga berwarna kuning dengan 5 kelopak bunga. Tumbuh baik di tanah agak kering dan berpasir.
Buah tribulus
Buah yang tua keras dan tajam sehingga mampu melukai kaki. Buah tua berwarna coklat muda, bulat gepeng berdiameter 1 cm. Buah ini memiliki duri-duri tajam di layaknya arah mata angin. Buah yang akan dijadikan ekstrak diambil yang sebelum tua atau sebelum duri-duri mengeras. Nantinya buah-buah ini dikeringkan dan digiling menjadi bubuk.

Pembangkit gairah dan stamina tubuh
Tribulus dikenal sebagai si pembangkit gairah dan stamina karena mampu meningkatkan kadar hormon testoteron. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, hormon testoteron berperan vital dalam pertumbuhan otot yang merupakan simbol dari vitalitas dan awet muda. Kadar testoteron yang rendah bisa menimbulkan gejala-gejala disfungsi seksual seperti ejakulasi dini, libido rendah atau kurang gairah dalam bercinta.

Untuk meningkatkan kadar testoteron bisa dengan mengkonsumsi tribulus. Konsumsi tribulus dapat meningkatkan kadar testoteron 30-50% dengan cara mendongkrak kadar LH (luteinizing hormone) dalam tubuh. Dengan kadar testoteron yang tinggi, vitalitas dan kebugaran akan pulih kembali.

Konsumsi tribulus dalam bentuk ekstrak. Khasiatnya itu sendiri sudah teruji oleh serangkaian riset yang dilakukan oleh para peneliti di universitas dalam negeri maupun luar negeri. Ekstrak tribulus ada yang diolah menjadi bentuk tablet yang disebut tablet Libilov.

Senyawa-senyawa aktif dalam tribulus
Senyawa-senyawa aktif yang ada di dalamnya, antara lain: dioskin, metilprotodioskin, diosgenin, metilprototribestin dan prototribestin. Senyawa-senyawa ini memiliki efek pada performansi seksual. Bisa mengatasi berbagai gangguan seksual, mengatur tingkat energi seksual dan meningkatkan persentase kadar testoteron. Senyawa-senyawa ini berpengaruh juga pada keseimbangan hormon pregnenolon, progesteron dan estrogen. Pengaruh pada keseimbangan hormon menjadikan cocok untuk pengobatan pra-menstruasi dan sindrom menopause.

Untuk memperoleh produk-produk olahan tribulus sudah tersedia di pasaran dalam bentuk tablet Libilov, Tribex-500, dan tribulus 250. Olahan ini berasal dari ekstrak akar atau buah tribulus. Untuk pemakaian tentu sesuai dengan dosis yang dianjurkan supaya tidak timbul efek yang merugikan bagi tubuh.