Panduan Membeli Berlian

Liontin berlian solitaire
Bundar, 0,7 karat
Harga USD 2,660

Cincin berlian solitaire
bundar, 1 karat
Harga USD 5,330

Leontin berlian solitaire
Bundar, 0,6 karat
Harga USD 1,820

Cincin berlian markis
0,52 karat, diikat dengan 2 berlian sampingan
Bentuk markis, masing-masing sekitar 0,23 karat
Harga USD 1,820
Panduan Membeli Berlian
Berlian

Sewaktu kita berencana membeli berlian, ada baiknya perlu mengetahui nilainya. Ada 4 poin yang perlu diketahui oleh kita bersama, yaitu Carat (karat), Clarity (kejernihan), Colour (warna), dan Cut (asahan). Keempat hal tersebut dikenal dengan sebutan 4 C.

Yang sudah familiar di mata masyarakat yaitu Carat (karat). Bobot sebutir berlian dihitung dalam satuan carat. Satu Carat dibagi dalam 100 poin. Jadi, berlian seberat 0,5 Carat memiliki 50 poin. Bila berlian tidak dirangkai dengan permata lain, orang-orang biasanya memakai berlian ukuran 20 poin atau lebih. Berlian ini akan memancarkan kilau serta kecermelangan yang hanya dimiliki oleh permata yang paling digemari di dunia ini. Walaupun begitu, bila ada dua berlian yang memiliki bobot Carat yang sama, bukan berarti nilainya sama. 1 Karat= 0,2 gram

Nilai kejernihan, warna, dan asahannya menjadi pembeda nilai suatu berlian. Berlian yang lain bisa saja bernilai lebih tinggi, walau bobot Caratnya sama. Pada umumnya, semakin besar sebutir berlian, semakin tinggi nilainya. Namun, ukuran bukanlah segala-galanya.

Kualitas yang tinggi dapat ditemukan pada berlian dari segala ukuran dan setting. Yang paling penting untuk dipikirkan adalah gaya serta ukuran yang sesuai dengan kepribadian Anda dan isi rekening tabungan Anda. Anda membeli berlian tak hanya untuk memperindah dan mempercantik diri, tapi juga berinvestasi.