Peluang Usaha Ternak Tiktok (itik mentok), 2 Bulan Panen

Peluang usaha ternak tiktok ini bisa sebagai pilihan terbaik bisnis Anda. Pasalnya, hanya butuh dua bulan saja sudah bisa dipanen dengan bobot rata-rata 2 kg. Pemeliharaan dan perawatannya cukup mudah bila dibandingkan dengan itik lokal. Kunci sukses usaha ternak tiktok terletak pada skill sumber daya manusia, manajemen pakan dan kondisi kandang yang nyaman untuk kehidupan tiktok.
Peluang Usaha Ternak Tiktok (itik mentok), 2 Bulan Panen
Itik alabio sebagai indukan betina tiktok
Tiktok merupakan hasil persilangan antara entok pejantan asal Taiwan dengan itik alabio betina. Dengan bantuan teknologi inseminasi buatan, sperma entok berhasil membuahi itik alabio. Dari hasil 100 telur yang terbuahi, hanya 30-40% yang berhasil menetas. keunggulan tiktok yaitu berdaging tebal, warna coklat muda, bertekstur lembut dan bercita rasa gurih. Untuk memasak daging tiktok tak perlu lama sampai berjam-jam. Tiktok relatif tahan penyakit, tingkat kematian (mortalitas) kecil, paling hanya 2-5% saja.

Peluang usaha ternak tiktok layak dilirik karena pemeliharaannya juga relatif gampang. Tiktok bisa dipelihara di sembarang tempat, asalkan situasinya tenang, tidak banyak ada gangguan hilir mudik orang dan gangguan suara. Untuk pembesarannya, cukup memakai kandang koloni atau ren. Tiktok makan dan minum di kandang sehingga tak perlu ruang bermain (playangan) seperti pada itik petelur. Parameter kelembaban kandang harus terjaga dengan tetap memperhatikan pengaturan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk.

Sukses beternak tiktok dalam genggaman jika peternak melakukan teknik beternak yang harus dijalani sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur), yaitu tahu teknik pemeliharaan, mulai dari pemilihan DOD (day old duck), tempat merawat, perawatan, pengendalian penyakit dan perlakuan itik siap panen.

Dengan kapasitas kandang sekitar 1.000 ekor, bisa dihasilkan 950 ekor tiktok berbobot rata-rata 2 kg (total sekitar 1,9 ton). Estimasi kematian 5% dengan lama pengusahaan 2 bulan. Bila harga perkilogram tiktok sebesar Rp 17.000, maka pundi-pundi Rupiah yang diangkut kurang lebih sebanyak Rp 32,3 juta. Total biaya sekitar Rp 25 juta sehingga keuntungan usaha sekitar Rp 7,3 juta dalam waktu 2 bulan saja. Peluang usaha ternak tiktok (itik mentok) memang sangat menguntungkan bukan?



Artikel terkait
Potensi ternak itik lokal vs itik peking
Potensi ternak itik aylesbury, muskovy dan persilangan itik lokal
Cara menangani day old duck (DOD)
Cara membuat kandang tiktok
Cara merawat tiktok umur kurang dari 21 hari
Manajemen pemberian pakan tiktok
Atasi penyakit salmonellosis pada tiktok
Atasi penyakit botulismus, mikotoksitas, dan cacingan pada tiktok
Cara memanen dan memasarkan tiktok