Pesta Akhir Tahun di Singapura

Singapura, satu dari sekian kota dunia yang tidak pernah sepi dari kunjungan. Sepanjang tahun ada saja even yang digelar di negeri singa ini untuk menarik pelancong yang rata-rata 7 juta orang per tahun. Selain menawarkan daya tarik The Great Singapore Sale dan Celebration Singapore yang telah mendunia itu, masih banyak perayaan-perayaan lain yang tidak kalah menariknya. Juga, berbagai tempat belanja dan tempat hiburan, yang bertemakan Family Fun atau liburan untuk keluarga.

Begitu menginjakkan kaki di negara kosmopolitan seluas 636 kilometer persegi ini, perasaan sejuk dan nyaman begitu terasa, padahal letak wilayahnya berada di daerah tropis, ujung Semenanjung Melayu. Hal itu bisa dimaklumi karena penataan kotanya yang demikian apik, mengimbangi pesatnya pembangunan dengan pelestarian ekosistem lingkungan hidup. Selain itu, dibentengi pula dengan sistem hukum yang demikian ketat, maka tumbuhlah Singapura menjadi salah satu negara yang mandiri, paling tertib, paling bersih, dan paling terkenal sebagai pusat perdagangan terbesar di Asia saat ini. Itu semua tak terlepas dari kerja keras Lee Kwan Yeuw, mantasn Perdana Menteri Singapura.

Kota di tengah hutan
Tidak berlebihan, kalau Singapura disebut sebagai negara paling aman di Asia saat ini, bahkan mungkin di dunia. Terbukti, berdasarkan data Kepolisian Singapura, sepanjang tahun, rata-rata hanya terjadi dua kasus kriminal kecil. Misalnya saja, kasus pencopetan di pusat keramaian. Sedangkan kasus-kasus kriminal berat seperti penodongan, perampokan, pemerkosaan sangat jarang terjadi. Seandainya ada, pelakunya dari para pendatang. Bila terbukti bersalah, pelaku akan diberikan hukuman yang berat sebagai efek jera.

Contoh keramahan lain, begitu keluar dari Changi Airport, Bandar Udara terbaik di dunia ini, pengunjunga akan disambut oleh masyarakat Singapura dengan penuh keramahan. Dimulai dari petugas Bandara yang menyambut kita pertama kali, pemandu wisata dan para awak angkutan umum. Mereka siap membantu setiap pendatan atau pelancong yang datang, tanpa membedakan suku ras kebangsaan tamunya.

Para petugas tampak begitu tertib dengan kostum yang rapi, sopan, tanpa hingar bingar seperti yang biasa kita temukan di tempat-tempat umum negara berkembang. Bila bepergian sendirian pada tengah malam sekali pun, baik di tengah kota maupun di tempat mana saja di Singapura, keamanan kita akan tetap terjamin. Apalagi pada seorang wanita, dijamin tidak sampai diganggu oleh orang. Perlakuan hukum di Singapura sangat ketat dan disiplin tanpa memandang bulu siapa orang itu sehingga setiap orang yang akan berbuat jahat akan takut berbuat melanggar hukum.

Lebih menakjubkan lagi, seluruh daratan Singapura tampak begitu hijau karena ditumbuhi aneka tanaman yang tumbuh subur di setiap ruang. Baik itu di pusat kota, sela-sela gedung mentereng pencakar langit maupun di pusat perbelanjaan dan berbagai tempat lainnya. Tak hanya itu, di setiap lantai perkantoran maupun hotel selalu dihijaukan dengan aneka bunga dan tanaman hias lainnya. Maka, tidaklah mengherankan kalau orang-orang menyebut Singapura dengan sebutan kota di tengah hutan yang berhawa sejuk sepanjang tahun. Di Singapura juga terdapat hutan alam dan buatan yang terpelihara dengan baik. Hutan sangat bagus sebagai pengendali ekosistem tanah dan penyaring polusi sehingga kualitas udara di ruas-ruas jalan di Singapura tetap baik dan nyaman dirasakan.

Kawasan industri tertata dengan baik. Di setiap kawasan industri yang terletak di pinggir kota pasti dilengkapi dengan instalasi pengendali limbah dan polusi dengan penerapan teknologi modern. Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di jalan raya, Singapura menerapkan penggunaan moda transportasi Kereta Api Bawah Tanah yang sudah menjangkau seluruh bagian wilayah Singapura. Negeri ini juga sangat ketat dalam hal kepemilikan mobil terhadap warga negaranya. Dengan budaya disiplin yang tinggi, tata kehidupan di Singapura bisa berjalan dengan lancar dan tertib dari waktu ke waktu.

Family fun
Dulu, sewaktu Raffles menduduki pulau kecil ini, hanyalah dihuni 300 orang Melayu yang bermata pencaharian utama sebagai nelayan dan petani. Kini, setelah Singapura mandiri, memisahkan diri dari kerajaan Malaysia pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura telah tumbuh sebagai negara yang menjadi barometer kekuatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Berbagai fasilitas di negara ini tersedia lengkap. Mulai dari penunjang perdagangan, bahkan pariwisata dengan fasilitas berteknologi super modern tersedia lengkap. Oleh karena itu, selain terkenal sebagai pusat perdagangan, Singapura pun kini lebih dikenal sebagai negara yang menyajikan ratusan atraksi menarik sebagai lokasi berlibur yang sangat menyenangkan bagi keluarga.

Seperti di sepanjang Jalan Orchard yang kini menjadi pusat perdagangan terkemuka di Singapura, selain terdapat puluhan pusat perbelanjaan, juga terdapat banyak hotel berbintang, bahkan Rumah Sakit Elizabeth yang sudah terkenal itu pun ada di sini.

Salah satu hotel yang sangat strategis adalah Phoenix. Lokasi hotel tepat di tengah pusat perdagangan Orchard. Lokasi hotel ini sangat strategis, berdekatan dengan tempat-tempat penting di sekitarnya. Di antaranya Rumah Sakit Elizabeth yang banyak dikunjungi orang-orang dari berbagai negara di Asia, stasiun kereta bawah tanah, atau ke tempat-tempat belanja yang terkenal. Untuk menuju tempat-tempat itu cukup dengan jalan kaki. Atau bila ingin naik kendaraan umum seperti taxi dan bus kota ke berbagai jurusan juga siap mengantar kita. Misalnya saja ke Woodland, kota paling barat yang ke arah perbatasan Malaysia.

Kini, di Singapura telah ada Great World City yaitu pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan aneka fasilitas hiburan untuk keluarga yang berada di Jalan Kim Seng. Selain sebagai pusat perbelanjaan yang menyediakan aneka ragam kebutuhan, tempat ini menyediakan bioskop, fitnes centre, dan arena bermain anak-anak.

Pusat perbelanjaan lainnya yang terkenal dan pantas dikunjungi, antara lain Tanglin Mall, Centrepoint, Rafles City Arcade, Parco Bugis Junction. Di Tanglin Mall tersedia berbagai keperluan, mulai dari aneka kuliner, pakaian sampai dengan barang-barang elektronika. Hal yang sama juga di Centrepoint. Di Raffles City, selain menikmati berbelanja, para pengunjung juga bisa naik ke Westin Stamford yaitu puncak hotel. Di puncak hotel ini kita dapat menyaksikan dengan jelas daratan Singapura. Bila beruntung, cuaca sedang cerah kita bisa melihat Pulau Batam dan daratan semenanjung Malaysia. Kota Johor bisa terlihat dengan jelas. Di tempat ini terdapat air mancur yang indah diiringi alunan musin mengikuti tarian air.

Bagi yang ingin merasakan nuansa Bugis (Sulawesi Selatan) pada era lampau, bisa singgah ke Parco Bugis Junction yaitu pusat perbelanjaan dengan suasana kehidupan orang bugis tempo dulu. Mulai dari artisitik bangunan gedung yang mirip rumah tradisional Bugis, duplikat perahu Pinisi menghiasi tiap sudut lokasi perbelanjaan ini.