Memilih Spring Bed atau Kasur Pegas

Memang benar, spring bed lebih populer dibandingkan dengan kasur kapuk. Wajar, mengingat kasur pegas dianggap lebih praktis. Kita tak perlu repot-repot menjemur kasur jenis ini secara berkala. Harganya juga bisa dibilang terjangkau oleh semua kalangan. Namun, kita perlu cermat saat memilih spring bed atau kasur pegas ini. 

Ada tiga bagian struktur yang terdapat pada spring bed, yaitu bagian dipan atau alas, matras, dan headboard. Matras menjadi bagian yang utama sebagai penentu kualitas kasur. Pada bagian ini terdapat lapisan busa dan sistem per atau pegas. Nyaman tidaknya kasur pegas tergantung pada seberapa banyak dan bagus lapisan busa dan sistem per yang dipakai. Semakin banyak dan bagus, serta semakin tinggi densitas busa yang dipakai akan semakin terasa enak dan nyaman dipakai.

Komponen busa menjadi bagian penting dalam penentuan rasa nyaman, kekuatan, dan daya tahan kasur pegas. Terdapat tiga jenis busa yang biasa dipakai, antara lain: jenis busa lembut, keras, dan lateks. Masing-masing jenis tersebut memiliki densitas yang berbeda-beda. Untuk membedakan tingkat densitas ditandai dengan nilai R-10 sampai dengan R-20. Semakin tinggi angka densitas, maka semakin keras busanya.

Busa lembut memiliki densitas antara 1 lb (R-14) sampai dengan 2 lb (R-18) yang biasa disebut dengan busa gold. Sedangkan busa keras, memiliki angka densitas di atas R-19. Sedangkan busa lateks terbuat dari bahan karet. Masing-masing jenis busa tersebut memiliki kelebihan sendiri. Pabrik biasanya akan memadukan ketiga jenis busa tersebut.

Untuk spring bed berkualitas tinggi, pabrikan memakai bahan lateks. Bahan dasar dari karet ini akan menghasilkan banyak gelembung-gelembung udara yang mampu melakukan selfbreathing atau terbentuk sirkulasi udara yang baik saat kasur ditiduri.

Matras yang terbuat dari bahan lateks mampu menopang tubuh dengan sempurna. Bahan karet tak mudah menjalar bila terbakar, ramah lingkungan, antibakteri, antikutu, antitungau, dan antipolusi. Perkembangan sprigbed terkini, pabrikan mengeluarkan produk unggulan yang bernama pocketed spring atau kasur pegas yang mampu membuat kasur menjadi lebih ergonomik dan elastis.

Saat memilih spring bed atau kasur pegas, ada 4 faktor yang harus diperhatikan, yaitu: kenyamanan, daya dukung, daya tahan, dan jaminan. Keempat faktor ini penting mengingat, tidur merupakan kebutuhan wajib yang harus terpenuhi. Kita butuh tidur minimal 6 jam dalam sehari sehingga memilih kasur memang layak menjadi perhatian utama.