Bawang Dayak Peluruh Batu Ginjal

Umbi semu bawang dayak terbukti mampu meluruhkan batu ginjal. Tanaman yang umbinya sekilas mirip bawang merah bersifat diuretik (melancarkan pengeluaran air seni) dan vasodilatif (memperlebar pembuluh darah). Kedua sifat tersebut cukup meluruhkan batu ginjal yang bersemayam di organ ginjal dan nantinya keluar bersama air kencing. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, penderita batu ginjal akan merasakan kesakitan dan terasa nyeri saat ber-urine.

Sebagian orang menyebutnya bawang berlian. Tanaman bernama ilmiah Eleutherine americana akan bekerja untuk mengurangi penyerapan kembali natrium sehingga pengeluaran mineral ini melalui air seni. Pengeluaran air seni yang lancar akan mempermudah penghancuran dan peluruhan batu ginjal. 
Bawang Dayak Peluruh Batu Ginjal
Bawang dayak
Khasiat bawang dayak sebagai peluruh batu ginjal telah diuji secara praklinis pada tikus. Hasil pengujian dengan cara pemberian bawang dayak kepada sekelompok tikus. Satu kelompok tikus tidak diberikan apapun. Kelompok lainnya diberikan perlakuan bawang dayak. Hasilnya, kelompok yang diberi perlakuan bawang dayak menghasilkan volume urine jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak diberikan sama sekali. Bawang berlian juga meningkatkan kadar kalsium pada air seni yang keluar. Semakin banyak kadar kalsium yang keluar bersama air seni, berarti semakin banyak batu ginjal yang meluruh. 

Tanaman yang masuk ke dalam famili Iridaceae ini sudah lama dipakai untuk mengatasi hipertensi dan diabetes. Untuk meluruhkan batu ginjal, sebaiknya si penderita mengkonsumsi rebusan umbi bawang dayak daripada mengkonsumsi dalam bentuk kapsul karena penyerapan zat-zat yang terkandung di dalamnya lebih efektif.

Selama pengobatan berlangsung yang memakai bahan bawang dayak, si penderita wajib menghindari konsumsi bahan-bahan makanan pencetus terbentuknya batu ginjal seperti jeroan, emping, ikan, dan daging yang kaya asam urat atau purin tinggi. Hindari juga konsumsi emping, jengkol, petai. Perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah-buahan yang kaya sitrat dan vitamin C.