Cara Merancang Model Rumah Minimalis Sendiri

Saat merancang model rumah minimalis, biasanya kita perlu bantuan seorang arsitek atau tukang gambar. Namun, ada baiknya kita juga bisa belajar sendiri untuk membuatnya karena terbilang mudah dipraktekkan. Sebelum mulai membuat gambar rancangan, ada baiknya banyak-banyak melihat desain rumah minimalis dari berbagai sumber. Bisa dimulai dari membeli buku-buku desain, brosur-brosur rumah minimalis, pameran, dll.
Data-data yang diperlukan bisa saja berasal dari ide sendiri maupun dari orang lain. Lebih baik lagi kalau ide tersebut berasal dari keinginan semua anggota keluarga. Untuk mencari inspirasi dalam merancang model rumah minimalis bisa dilakukan dengan cara:

  •  Banyak berjalan-jalan.
  • Cari referensi dari berbagai sumber
  • Rajin mendatangi pameran properti
  •  Meminta pendapat dari semua anggota keluarga.

Berikut ini cara merancang model rumah minimalis sendiri
Setelah pengumpulan sumber-sumber referensi dirasa telah cukup, saatnya mulai mendesain. Tahap mendesain ini bisa terasa lebih menyenangkan dari semua tahapan proses perancangan yang ada. Tahapan ini seperti layaknya kita bermain puzzle, membuat penasaran sekaligus menyenangkan.

Contoh kasus
Sebuah keluarga memiliki 3 anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan anak. Luas rumah yang diinginkan berukuran 6mx 14 m. Tersedia dana sebanyak 72 juta. Berdasarkan survey harga pasaran tanah di tempat pemukiman mereka, diperoleh angka Rp 2 juta per meter persegi. Dari data-data tersebut diperoleh luas bangunan 36 meter persegi yang berasal dari hitungan 72:2 juta = 36.

Tahapan-tahapan mendesain
1.      Tentukan data penghuni. Dari kasus di atas, ada 3 orang yang terdiri dari ayah, ibu dan 1 anak.
2.      Buat program ruang, mulai dari ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi, carport, taman belakang yang disertai dengan luasnya.

3.      Buat sketsa lahan dengan memakai bahan kertas millimeter.
4.      Buat gambar garis-garis bantu untuk membuat sketsa denah.
5.      Lakukan dengan cara trial-error sampai bisa diperoleh desain yang diharapkan.
6.      Mintalah pendapat dari berbagai orang mengenai sketsa denah rumah yang sedang Anda buat.
7.      Denah kasar ini sudah bisa dipakai untuk memulai pegerjaan. Tentunya, untuk keperluan ini butuh  tenaga ahli yang bisa membaca gambar denah Anda. Para tenaga ahli ini biasanya akan bisa langsung mengkoreksi sekaligus memberi saran yang terbaik bagi Anda.

Sangat mudah bukan membuat model rumah minimalis? Tak perlu banyak keahlian seperti layaknya seoarang arsitek. Coret-coretan kasar Anda sudah sangat memadai untuk dipakai sebagai dasar memulai pengerjaan pembangunan rumah.