Material Bambu dan Kayu dari Rumah Tradisional Hingga Modern

Masyarakat Indonesia sudah mengenal betul material bambu dan kayu di segala aspek kehidupan sehari-hari. Dari urusan kebutuhan primer seperti bangunan rumah tangga hingga interior rumah dengan mudah dijumpai barang yang terbuat dari material bambu dan kayu. Rumah tradisional masyarakat Indonesia memadukan material bambu dan kayu sebagai bahan bangunan. Di Bali, masih banyak rumah tradisional yang mempertahankan keaslian material alami ini. Bahkan bangunan rumah dengan material tersebut bisa mencapai umur hingga 90-100 tahun. Rumah tradisional ini dapat kita jumpai di Desa Bayung Gede.

Rumah Tradisional di Desa Bayung Gede, sumber : infoobjek.wordpress.com


Saat ini, monopoli material bambu dan kayu tidak hanya untuk rumah tradisional saja. Orang yang terbiasa bersentuhan dengan teknologi tinggi juga melirik penggunaan material alami. Sifat material alami yang mampu menyesuaikan suhu ruangan membuat orang-orang modern sangat menyukainya. Tren kesadaran untuk bergaya hidup sehat yang kembali ke alam mendorong penggunaan material bambu. Bahkan, interior rumah berteknologi tinggi yang biasanya berwujud metal atau polikarbonat dapat tergantikan oleh bambu. Sebut saja ipad yang ber-chasing bambu.


Rumah modern yang memadukan bahan alami dapat memberi keseimbangan dari rasa ‘berat’. Rasa ‘berat’ ini biasanya berasal dari material batuan, logam dan silika (kaca). Oleh karena itu, sebagai penyeimbang rasa tersebut dapat memasukkan material alami seperti kayu atau bambu. Penempatan material tersebut di dalam rumah modern dapat diterapkan pada lantai, dinding dan tiang. Pada dinding dan tiang yang sebagian besar berupa beton, sebaiknya pada lantai bangunan diberi unsur material kayu dan bambu. selain penyeimbang rasa ‘berat’, dapat juga menciptakan iklim mikro yang nyaman bagi penggunanya. Lantai dengan material bambu dan kayu sangat tepat diterapkan pada bangunan tropis rumah modern.
Rumah bambu modern, sumber : bogor.olx.co.id

Aksesori pada interior rumah yang diisi dengan material bambu dan kayu dapat membuat serasi dan harmoni suasana dalam rumah. Partisi rumah yang terbuat dari material bambu dan kayu sering kita jumpai pada rumah-rumah yang ber-etnis Cina. Masyarakat Indonesia melengkapi kursi meja di teras atau ruang tamu yang berasal dari bahan alami tersebut. Material alami tak akan usang dimakan jaman baik untuk rumah tradisional atau rumah modern hingga pernak-pernik interior rumah..