Budidaya Lobster Air Tawar, Pemberian Pakan

Bagi peternak budidaya lobster air tawar, jumlah pakan yang diberikan pada jenis dekapoda ini termasuk irit. Lobster berukuran dewasa yang berumur 2 tahun saja hanya butuh pakan udang sekitar 125 gram per bulan. Jadi, untuk 1 set induk yang terdiri dari 5 betina dan 3 jantan hanya dibutuhkan 1 kg pakan per bulan. Pemberian pakan pellet disesuaikan tahapan tumbuh kembang lobster.

Budidaya lobster air tawar
Pellet udang
Untuk pemberian pakan pada burayak-burayak yang ada di kolam pembesaran berkapasitas 300 ekor cukup diberi pakan satu kali saja sehari dengan takaran sedikit. Ukuran pellet yang diberikan tentu disesuaikan dengan ukuran mulut burayak-burayak tersebut. Seiring dengan tumbuh kembangnya, ukuran pakan yang diberikan semakin lebih besar.
Hal yang perlu diperhatikan bagi para peternak budidaya lobster air tawar, hewan dekapoda ini termasuk pemakan segala sehingga perlu asupan pakan nabati. Untuk keperluan ini, sediakan tanaman air seperti enceng gondok. Bagian akar-akar muda enceng gondok ini disukai oleh lobster. Selain itu, fungsi enceng gondok ini yaitu bisa menyerap zat-zat racun yang terdapat dalam air kolam seperti ammonia dan zat-zat racun hasil penguraian tumpukan sisa-sisa pakan yang mengendap.

Jenis pakan yang biasa diberikan pada lobster-lobster ini yaitu yang biasa diberikan pada udang windu. Kandungan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya. Terutama untuk perkembangan kitin lobster air tawar. Satu zak pellet berbobot 30 kg harganya berkisar di angka Rp 250.000 sampai dengan Rp 270.000. Anda sendiri sebenarnya bisa membuat pakan pellet seperti ini dengan berbahan dasar seperti tepung ikan, katul, kanji sebagai perekatnya. Pellet buatan sendiri ini jadinya tenggelam.


Dalam budidaya lobster air tawar, pemberian pakan jangan sampai berlebihan. Masih lebih baik sedikit terlambat pemberian pakan daripada kelebihan pemberian pellet yang malah membuat kualitas air kolam sangat buruk. Air kolam tercemar racun yang bisa berakibat pada mudahnya terserang penyakit atau mendadak keracunan. Manajamen pakan untuk lobster air tawar perlu diterapkan supaya tumbuh kembangnya optimal.