Budidaya Lobster Air Tawar, Pemilihan Indukan

Dalam budidaya lobster air tawar, setelah persiapan kolam telah selesai, faktor pemilihan indukan merupakan hal yang sangat penting untuk bisa tercapai keberhasilan budidayanya. Indukan lobster air tawar biasanya dijual dalam 1 set dari hatchery atau peternak. Satu set indukan terdiri dari 5 betina dan 3 jantan. Belilah yang benar-benar unggul sebagai awal modal Anda karena pemilihan indukan menentukan keberhasilan usaha ternak lobster air tawar kita selanjutnya.

Budidaya lobster air tawar pemilihan indukan
Indukan betina lobster air tawar
Pemilihan indukan memang dibutuhkan kejelian. Kita tidak boleh sembarangan memilih calon indukan. Indukan yang unggul dapat dilihat dari ukuran dan kemampuan bertelurnya. Usia indukan betina yang sudah 6-9 bulan yang telah mampu bertelur belum menjamin kalau indukan tersebut unggul. Disarankan, ambil indukan lobster air tawar yang telah berumur 2 tahun. Pada usia tersebut, kemampuan bertelurnya sedang mencapai puncaknya dan telah terlihat jelas potensinya.

Pemilihan indukan betina memang sangat penting dalam budidaya lobster air tawar. Indukan betina unggul mampu bertelur sebanyak 200-300 telur. Seiring bertambahnya usia, kemampuan bertelurnya akan semakin meningkat. Pada umur 4 tahun bisa mencapai 500-800 butir telur. Panjang indukan sudah mencapai sejengkal. Ruas dada sudah berkembang panjang dan besar. Telur-telur yang muncul akan menempel di sepanjang abdomen yang dilapisi oleh selubung transparan. Pada umur 4-5 tahun, lobster air tawar bisa bertelur dengan jumlah sampai 1000 butir.

Untuk memperoleh indukan lobster air tawar yang unggul termasuk sulit. Dari 100 ekor calon indukan hasil seleksi, hanya bisa diperoleh sejumlah 1-2% indukan betina yang pantas memenuhi persyaratan unggul. Untuk indukan jantan, tidak begitu sesulit seperti dalam pemilihan indukan betina lobster air tawar.


Dalam budidaya lobster air tawar, faktor pemilihan indukan betina memang harus benar-benar teliti. Ciri indukan betina lobster yang unggul ditandai dengan adanya 2 bulatan yang tampak besar dan berwarna gelap. Bulatan-bulatan ini berada di sisi kiri dan kanan. Tapi perlu diingat, memang hampir semua lobster betina memiliki 2 bulatan yang serupa. Namun, yang benar-benar mencolok itulah yang berpeluang besar sebagai indukan betina unggul.