Tips Membeli Ikan Koi

Tips membeli ikan koi ini perlu Anda perhatikan supaya terhindar dari kejadian-kejadian yang tak menyenangkan setelah sampai di kolam rumah kita. Pada awalnya, ikan koi di hatchery atau toko ikan hias tampak indah warna-warninya dan perilakunya lincah. Namun, setelah berada di kolam rumah, warnanya semakin memudar dan gerakan berenangnya pun semakin lamban. Kejadian ini tentu ada yang salah saat membuat keptusan membeli ikan koi tersebut.

Sebelum membeli ikan koi, perhatikan betul-betul kesehatan ikannya. Kesehatan ikan dapat terlihat dari kondisi kolamnya. Apakah airnya keruh, banyak terlihat sisa-sisa kotoran, sisa-sisa pakan yang mengendap atau tingkat kepadatan yang terlalu tinggi. Dengan melihat kondisi awal kolam tersebut, lebih baik diurungkan niat untuk membelinya karena dipastikan pemeliharaan buruk dan ikan-ikan sedang dalam kondisi stress.
Tips membeli ikan koi
Ikan koi

Tips membeli ikan koi
  1. Kolam di rumah haruslah siap menerima pendatang baru. Kolam dalam kondisi sehat dan sesuai untuk kehidupan ikan-ikan koi yang baru saja dimasukkan.
  2. Ikan-ikan koi yang berkualitas tinggi dari negara sakura biasanya datang pada bulan-bulan Oktober sampai dengan Desember.
  3. Cek kesehatan ikan-ikan koi yang akan dibeli. Ciri-ciri ikan sakit; sirip terkulai atau menciut, tubuh tampak sedang terkena parasit dan tampak tak mulus, nafas atau katup insang bergerak cepat dan teratur, ikan tampak gelisah, sering menggosok-gosokan badan ke benda sekelilingnya, sosok kurus, sering terlihat menyendiri, penutup insang agak membuka dan tak normal, keluar lendir berlebih pada tubuh dan matanya.
  4. Bila sudah diperoleh ikan koi yang sehat dan cantik saatnya diangkut. Gunakan kantong polietilen ukuran besar dan isi dengan air kolam sampai seprtiganya. Beri oksigen dan ditutup rapat. Lapisi kantong plastik sebanyak 2-3 lapisan.
  5. Jika jarak pengangkutan jauh, gunakan peti Styrofoam untuk mengatasi goncangan, mengurangi perubahan suhu mendadak dan pergantian cahaya.
  6. Sampai di kolam rumah, apung-apungkan kantong di kolam. Biarkan hingga suhu air dalam kantong sama dengan suhu air kolam. Setelah suhu relatif sama, mulut kantong dibuka dan biarka ikan berenang sendiri


Dengan memperhatikan tips membeli ikan koi di atas, diharapkan ikan-ikan koi yang baru saja dibeli akan tetap sehat dan tidak mengalami stress akibat perpindahan ini.