Atasi Penyakit Saprolegnia Ikan Koi Pada Musim Pancaroba

Atasi penyakit saprolegnia ikan koi saat memasuki musim pancaroba yaitu memberikan PK atau kalium permanganate dengan dosis 4 tetes per liter air setiap 2 minggu sekali. Upaya lainnya yaitu mengurangi ketinggian air supaya fluktuasi air kolam di dasar kolam dengan di permukaan kolam mengecil. Penurunan air kolam juga membuat sinar matahari menembus sampai dasar kolam.
Atasi Penyakit Saprolegnia Ikan Koi Pada Musim Pancaroba
Jamur atau saprolegnia yang menyerang koi
Musim pancaroba dimulai pada bulan Juni sampai dengan Juli untuk masuk musim kemarau. Sedangkan untuk masuk musim penghujan dimulai bulan Oktober sampai dengan November. Pada bulan-bulan tersebut terjadi fluktuasi suhu yang tinggi. Pada malam hari, suhu mencapai 180 C, sedangkan pada siang hari bisa mencapi 340 C. Fluktuasi suhu ekstrim ini akan sangat terasa pada kolam-kolam koi yang berada di sawah berkedalaman 125 cm. Ikan koi mudah terserang cendawan parasit ini.

Pada pagi hari, koi akan menghasilkan lendir yang banyak sebagai selimutnya. Karena lendir ini belum selesai mengeluarkan lendir, sinar matahari yang panas keburu datang. Cendawan yang menyukai fluktuasi suhu tinggi ini akan segera berkembang biak di substrat lendir ini. Ditambah kualitas air yang buruk karena kadar ammonia menambah cendawan parasit ini semakin subur berkembang biak.

Ikan-ikan koi yang terserang penyakit saprolegnia akan diam berada di dasar kolam, matanya tampak berselaput putih. Gejala lainnya yang tampak yaitu lendiri di tubuh ikan koi lebih tebal dan muncul kongesti atau benjolan di bagian pangkal ekor. Jika benjolan ini pecah, bau anyir segera menyeruak. Ikan koi yang parah terserang cendawan akan tampak diselimuti kapas dan tak lama lagi ajal menjemputnya.


Untuk atasi penyakit saprolegnia ikan koi ini, kualitas air perlu diperbaiki dengan cara memberi air sirkulasi yang lancar, menambah kadar oksigen terlarut, dan menurunkan ketinggian air kolam. Sayangnya, kolam yang berada di sawah biasanya sedang sulit-sulitnya memperoleh air irigasi karena debit air yang kecil. Pemberian obat-obatan anticendawan sangat disarankan seperti kalium permanganate atau obat-obatan anticendawan yang mengandung phenoxyethanol. Obat-obatan anticendawan ini harus diberikan ke ikan-ikan koi sesuai dosis karena memiliki efek jangka panjang di dalam air kolam. Selama pengobatan, cendawan mati masih tetap berada di dalam tubuhnya hingga nanti hilang sendiri seiring tumbuhnya sisik-sisik baru.

 BELI