Pengenalan Jenis Tanaman Hias Melati (Jasminum multiflorum)

Ada sekitar 200 jenis tanaman hias melati yang sudah dikenal di dunia. Salah satunya Jasminum multiflorum. Melati ini adalah jenis yang sudah umum dikenal oleh banyak orang. Biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman pengisi taman, bunga tabur dan dikebunkan untuk kebutuhan industri parfum.
Pengenalan Jenis Tanaman Hias Melati (Jasminum multiflorum)
Bunganya berkelompok di ujung tanaman
Jenis Jasminum multiflorum bisa tumbuh sampai 10 meter. Batang dan daunnya ada yang berbulu dan ada pula yang tidak. Sering ditemukan tumbuh liar, baik di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi pada ketinggian 1.600 m dpl. Bisa tumbuh baik di tempat yang terkena sinar matahari penuh mapun di tempat yang agak ternaungi.

Tanaman hias melati ini berbunga lebat dan berada di ujung tanaman secara berkelompok. Tiap kelompok berisi 3-15 kuntum. Warna bunga saat kuncup ada yang kemerahan atau putih, saat mekar berwana kekuningan. Bunga ini bisa menghasilkan buah yang berwarna hitam mengkilap.

Orang Jawa Tengah menyebutnya poncosodo, sementara di tempat lain ada yang menyebutnya melati gambir hutan, melati hutan, melur, menur. Orang inggris memberi nama star jasmine, hair jasmine dan angel-hair jasmine. Melati yang asli tumbuh di Pulau jawa.

Tanaman hias melati Jasminum multiflorum juga ditemukan di India dan Cina. Namun, bunganya berwarna putih sejak mulai kuncup sampai dengan mekar. Bunga bermahkota seperti bintang yang berkelompok dengan jumlah kuntum 8-9. Tidak berbau harum. Buah berwarna merah gambir.

Budidaya melati jenis ini mudah. Perbanyakan dengan setek batang yang ditanam di dalam polibag kecil sampai tumbuh daun berjumlah 2-3. Setelah itu tinggal ditanam di lahan. Supaya tumbuh bagus dipupuk dengan kompos atau pupuk kandang. Perawatan dan pemeliharaan relatif gampang dan jarang terserang penyakit. Hama yang sering menyerang yaitu ulat tentara. Segera basmi dengan semprotan insektisida.