7 Nirwana Tempat Wisata Di Bandung

Akhir pekan dan hari-hari libur, wilayah Bandung akan selalu diramaikan oleh kunjungan para wisatawan. Terutama di area pegunungan yang bentang alamnya begitu indah dan ekstotis. Untuk menikmati segarnya udara, memanjakan mata hamparan hijauan tanaman, menyegarkan pikiran, berkunjung ke area pegunungan merupakan pilihan yang tepat. Apalagi banyak destinasi tempat wisata di Bandung Utara yang tersebar di sekitar Lembang.
7 Nirwana Tempat Wisata Di Bandung
Ada koboi di Lembang
Lembang terletak di sisi utara Kota Bandung. Berada pada ketinggian antara 1.312 -2.084 m dpl. Bagian wilayah tertingginya terletak di puncak Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan legenda Sangkuriang dan Danyang Sumbi. Bentang alam berlekuk-lekuk bervariasi, vegetasi beraneka macam mulai dari jenis-jenis tanaman pertanian sampai dengan jenis-jenis pohon khas alpin. Suhu udara sejuk, berkisa 17-270 C. Tak mengherankan, kalau nilai visual alamnya sangat tinggi bak nirwana sehingga cocok untuk tujuan wisata.

7 nirwana tempat wisata di Bandung utara

1. Gunung Tangkuban Perahu
Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 20 km dengan arah menuju utara. Daya tarik wisata utamanya yaitu bentang alam pegunungan, udara segar nan sejuk, kawah dan vegetasi khas alpin yang hijau dan lembut.

2. De Ranch
Destinasi yang berupa wahana ini mengambil tema seperti di daerah subtropika Amerika Utara yaitu rumah-rumah desa (runch) pada era kejayaan koboi, mustang atau kuda-kuda liar yang tampak gagah perkasa. Di sini tersedia aneka permainan bertema koboi, pengunjung juga bisa berkesempatan menunggang kuda dengan kostum koboi.

3. Air Panas Maribaya
Sumber mata air panas karena kadar belerang yang tinggi sebagai ciri khas daerah vulkanik. Daya tarik lainnya yaitu air terjun dan taman yang indah.

4. Pasar apung (floating market)
Mengadaptasi pasar apung di Banjarmasin Kalimantan, pasar apung beraktifitas di atas air. Penjual maupun pembeli melakukan transaksi menggunakan perahu. Produk-produk yang dijual kuliner khas Sunda.

5. Kampung Gajah
Sebuah wahana permainan yang sangat luas. Di sini terdapat 30 wahana permaianan yang bisa dijajal oleh anak-anak sampai orang dewasa. Masing-masing wahana diberi skala tingkat kepanikannya sehingga perlu disesuaikan dengan umur dan riwayata kesehatan pengunjung.

6. Jendela Alam
Terletak di Jl. Sersan Bajuri, destinasi yang menawarkan atraksi pengenalan dunia flora fauna serta pengetahuan perawatan, interaksi dengan hewan dan cara-cara berkebun.

7. Sapu Lidi
Bagi pengunjung yang menyukai ketenangan, salah satu nirwana tempat wisata di Bandung ini sangat cocok bagi Anda. Karena bersuasana tenang layaknya di pedesaan. Berlansekap persawahan, berperahu di danau, menikmati kuliner dan menginap dengan nuansa ala pedesaan yang tenang dan damai.

Akses ke tujuan-tujuan wisata di atas sudah sangat memadai dan fasilitasnya lengkap untuk kebutuhan para wisatawan. Baik para wisatawan yang memakai kendaraan pribadi maupun umum. Di sepanjang jalan menuju destinasi wisata tersebut tersedia stasiun-stasiun bahan bakar, restoran-restoran, titik-titik peristirahatan dan penginapan-penginapan yang siap menyambut kedatangan para tamunya.

Ada yang harus diperhatikan bagi para wisatawan yang akan menuju 7 nirwana tempat wisata di Bandung tersebut pada akhir pekan dan hari-hari libur yaitu soal kemacetan. Hampir semua wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah akan memilih akses utama melalui Jl. Setiabudhi Bandung-Ledeng. Akses ini dipastikan akan mengalami kemacetan. Polisi lalu lintas biasanya akan memberikan jalur alternatif bagi para wisatawan dengan cara merekayasa alur lalu lintas dengan cara buka tutup jalan di pertigaan Jl. Kolonel Masturi dan Jl. Raya lembang. Dengan demikian, wisatawan akan lebih cepat sampai ke tempat tujuan dan tidak terlalu kelelahan di perjalanan.