3 Unsur Penting untuk Memperoleh Kredibilitas dalam Karir Anda

Sama halnya dengan reputasi, kredibilitas harus diperoleh melalui proses yang panjang dan membutuhkan usaha yang serius. Ada 3 unsur penting yang perlu dikuasai selama menjalani proses menuju kredibilitas. Ketiga unsur ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Unsur pertama: Kepercayaan dari orang lain
Ibarat pepatah, panas setahun dapat dihapuskan oleh hujan sehari. Artinya, kepercayaan yang sudah dibangung dalam waktu yang panjang dapat dilupakan orang begitu saja apabila seseorang melakukan penyimpangan (meski cuma sekali saja) dari apa yang sudah dikatakannya. Jadi, konsisten perkataan maupun tindakan dalam hal ini sangat diperlukan.
3 Unsur Penting untuk Memperoleh Kredibilitas dalam Karir Anda
Kuasai keahlian dan ketrampilan pada satu bidang untuk raih kredibilitas Anda

Unsur kedua: Keahlian dan ketrampilan di suatu bidang
Anda akan tampak kredibel bila Anda menguasai satu bidang tertentu. Namun, pengetahuan yang dimiliki perlu dilatih dan selalu dipraktekkan, sehingga orang lain tahu bahwa Anda bisa diandalkan untuk bidang itu.

Unsur ketiga: Kedinamisan
Orang yang dinamis dan selalu berkembang akan dipandang lebih kredibel daripada orang yang selalu statis. Ini terutama didukung oleh era globalisasi yang membuat setiap aspek kegiatan bergerak dan berubah begitu cepat. Jika Anda orang yang selalu bersemangat dan antusias menuju perubahan, Anda akan memperoleh kepercayaan dari orang-orang yang tentunya tidak ingin tertinggal dalam kemajuan zaman. Unsur ini juga penting bagi kredibilitas seorang pemimpin, karena seorang pemimpin diharapkan dapat selalu berpikir ke depan sambil membawa para bawahannya menuju visi yang ditetapkannya.

Dengan menerapkan 3 unsur penting di atas, entah Anda itu presiden suatu negara, presiden direktur suatu perusahaan, salesman, penyiar, peneliti, penulis, pemimpin keluarga, mereka semua akan memperoleh kredibilitas. Jadi, kredibilitas itu milik semua orang, entah itu pemimpin maupun pekerja. (Femina)