Tips Memperoleh Kredibilitas Diri dalam Berkarir

Ada beberapa tips praktis yang sebenarnya berasal dari hal-hal sederhana, namun maknanya bisa begitu berarti bagi kredibilitas Anda.

1. Buanglah kebiasaan terlambat
Usahakan untuk selalu hadir minimal lima menit sebelum janji yang sudah Anda rancangkan dengan rekan Anda, atau usahakan selalu menyelesaikan tugas Anda sebelum deadline yang telah ditetapkan.

2. Bekerjalah lebih dari 100 persen
Mengerjakan tugas sesuai standar perusahaan akan membuat Anda dipercayai untuk melakukan tugas-tugas berikutnya. Namun, Anda akan memperoleh kepercayaan yang lebih besar apabila Anda bisa mengerjakan tugas lebih dari standar yang diharapkan.

3. Bekerjalah dengan rapi dan teliti
Ide memang penting, namun yang yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara menyajikan ide tersebut. Namun, lengkapi pula dengan kebiasaan meminimalkan kesalahan. Kepercayaan tidak diberikan pada orang yang ceroboh dan tidak teliti.

4. Jangan pernah ragu berkata 'tidak bisa'
Bila Anda memang tidak bisa melakukan apa yang diinginkan oleh orang lain, sebaiknya Anda jujur mengakui apa yang tidak Anda ketahui. Termasuk berani berkata jujur dan tegas menolak tugas baru bila pekerjaan Anda sudah terlalu banyak.