Cara Mengenali Madu Murni

Madu murni dari lebah merupakan satu-satunya bahan pemanis alamiah yang rasanya lezat, menyehatkan dan aman dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Madu atau Mel depuratum dihasilkan dari sarang lebah, berupa cairan kental seperti sirup, dan berwarna kuning pucat sampai coklat. Madu berasa enak dan beraroma khas. Untuk mengenali kualitasnya, bisa diketahui dari jenis lebah penghasil madu dan teknis pengambilan madu dari sarang lebah.

Saat ini, di pasaran tersedia madu yang sudah dalam bentuk kemasan botolan. Label kemasan yang terdapat pada botol biasanya tertera kata-kata 'Madu Murni', 'Madu Asli', 'Madu Hutan'. Jangan terkecoh dengan kata-kata tersebut. Untuk mengenali madu murni yang benar-benar asli, kita perlu melakukan tes kecil sebagai berikut:

  1. Madu murni tak akan berubah sifatnya walau telah disimpan lama. 
  2. Madu murni juga tak akan berubah sifatnya bila mengalami pemanasan.
  3. Untuk tes pengujian kemurniannya, ambil secarik kertas, lalu celupkan sedikit ke madu yang akan diuji. Madu murni tidak akan membuat kertas basah, ia akan lengket seperti lilin.
Madu Murni mengandung gula invert 65-80%, sakarosa 8%, dekstrim 10%, abu 0,25%, air 25%, zat asiri aromatik dan sedikit asam semut. 

Madu langsung diserap oleh sistem pencernaan tanpa terjadi banyak proses pengolahan. Madu menambah rasa lezat pada aneka jenis masakan dan minuman. Untuk pengobatan luar, ia bisa dipakai layaknya salep. Untuk mengobati luka bakar, eksim karena alergi, yang nantinya akan mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengenali Madu Murni
Lebah madu sedang mengambil pollen
Daerah-daerah penghasil madu murni yang berkualitas tinggi di seluruh wilayah nusantara yaitu berasal dari Sumbawa. Madu murni impor yang berkualitas bagus berasal dari Mesir, Senegal, Afrika Selatan, dan Madagaskar.