Mengapa Rasa Pusing Terjadi?

Rasa pusing yang terjadi pada seseorang perlu dilacak sumber penyebabnya. Bisa saja rasa sakit kepala ini terjadi akibat adanya gangguan pada alat keseimbangan tubuh. Alat keseimbangan tubuh ini terletak di bagian dalam telinga dalam. Organ kecil ini bekerja secara mekanik dan melibatkan syaraf yang terhubung dengan otak. Dalam keadaan normal, alat keseimbangan tubuh akan mengkoordinasi setiap gerakan kita secara sadar.
Rasa pusing kadang terasa seperti ditusuk-tusuk paku

Hal yang menjadi masalah bila alat keseimbangan ini sedang mengalami gangguan karena peradangan, infeksi, atau terjadi benturan yang mencederai kepala. Alat keseimbangan ini berdekatan dengan alat pendengaran sehingga bisa dideteksi lewat gejala gangguan pada pendengaran. Gangguan yang terjadi pada pendengaran, antara lain; keluhan mendenging di telinga, kadang terasa tuli, rasa nyeri di dalam telinga.

Rasa pusing juga menunjukkan adanya gangguan pada otak kecil. Terutama bagian otak yang menyalurkan rangsangan keseimbangan dari telinga dalam yang langsung berhubungan dengan syaraf. Otak kecil bisa mengalami gangguan yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi, adanya pertumbuhan abnormal seperti tumor, adanya gangguan aliran darah dll.

Seseorang yang mengeluh karena rasa pusing bila aliran darah dan fungsi jantungnya sedang kurang baik. Ia bisa mendadak merasa kepala kosong, badan lemah dan lemas, bahkan terjatuh saat berjalan.

Keluhan rasa mual atau muntah dan mata berputar
Rasa pusing yang benar-benar disebabkan adanya gangguan pada organ tubuh biasanya disertai dengan keluhan-keluhan lainnya. Keluhan penyerta yang sering terasa yaitu mual sampai muntah saat keluhan pusing datang. Bola mata kelihatan berputar-putar dari satu sisi ke sisi lain secara cepat dan tak terkendali.

Pusing karena adanya gangguan pada organ tubuh ini dibangkitkan oleh gerakan-gerakan tertentu dari kepala. Pasien berusaha dengan sadar untuk membatasi gerakan kepalanya sesedikit mungkin untuk mencegah rasa pusing terasa kembali. Tampak dari leher pasien yang kaku.

Keluhan pusing akan muncul dengan jelas bila tiba-tiba berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Hal yang sama juga terjadi bila ada perubahan dari posisi kepala dari satu sisi ke sisi lainnya.

Obat tak selalu sama
Keluhan rasa pusing tak selalu mudah dilacak sumber penyakitnya. Perlu diagnosis yang seksama mulai dari wawancara dengan dokter sampai dengan pemeriksaan khusus pada organ-organ sekitar telinga hidung tenggorokan (THT). Rasa pusing ini bisa disembuhkan dengan pemberian obat. Namun, obat ini belum tentu menjanjikan kesembuhan penyakit utamanya. Bila penyakitnya masih ada, ras pusing akan kambuh kembali. Itula kenapa rasa pusing hanyalah salah satu gejalan dari suatu penyakit saja dan merupakan adanya gangguan pada alat keseimbangan yang berhubungan dengan sistem syaraf.