Cara Merawat Telapak Kaki Tetap Sehat

Pada umumnya, telapak kaki tak mendapat perawatan khusus. Tak seperti bagian kaki lainnya seperti lutus, betis, sampai dengan kuku. Apalagi telapak kaki biasanya terbungkus oleh kaos kaki, sandal, atau sepatu. Terkadang, karena sering terbungkus oleh kaos kaki dan sepatu malah timbul penyakit seperti rangen atau berlubang-lubang. Bila sampai parah, kaki ini akan mengeluarkan bau busuk. Di bawah ini, ulasan cara merawat telapak kaki supaya tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit.
Gejala dari penyakit rangen ini yaitu telapak kaki pada bagian area celah-celah kaki tampak melepuh, pecah-pecah, berkerak, terkelupas, dan bisa sampai tersebar ke tapak kaki. Bagian yang terkena akan terasa gatal-gatal dan terkadang sampai keluar darah.
Cara Merawat Telapak Kaki Tetap Sehat
Sandal japit bagus dipakai selama perawatan
Puncak keparahan penyakit ini bila sampai terinfeksi oleh cendawan. Kondisi kaki yang lembab dan tersedia bahan organik yang cukup membuat cendawan tumbuh subur. Bakteri juga menyukai keadaan seperti ini sehingga turut berkembang biak di area telapak kaki tersebut.

Cara merawat telapak kaki yang terlanjur seperti ini supaya sehat kembali, ikuti langkah-langkah berikut ini: sapukan krim anticendawan ke area telapak kaki setiap hari. Jaga kondisi kaki selalu dalam keadaan kering dan basah. Untuk sementara hindari pekerjaan-pekerjaan yang mengharuskan memakai sepatu atau harus berbasah-basahan. 

Bila perlu, pakai stoking yang bersih dan kering. Sediakan beberapa persediaan stoking sehingga bisa dipakai saling bergantian. Selalu memakai alas kaki kemana pun pergi. Sandal jepit sangat baik dipakai karena mudah membuat kering telapak kaki dan senantiasa bersih. Itulah cara merawat telapak kaki supaya tetap terjaga kesehatannya.