Tips Mendapatkan Highlight atau Aksen Warna Rambut yang Cocok Buat Anda

Di antara rambut hitam seorang wanita tampak ada bagian yang berwarna lain. Bagian warna rambut yang lain inilah yang disebut dengan istilah highlight atau aksen warna pada rambut. Dewasa ini, aksen warna pada rambut ini semakin banyak penggemarnya, terutama pada kaum hawa. Model ini ada kesan tak berlebihan, tapi cukup mampu mengubah penampilan seseorang. Aksen warna ini bisa dibuat pada bagian atas rambut, bagian pelipis, poni, atau bagian-bagian lainnya. 

Alami dan bergradasi
Sesuai dengan istilahnya, aksen warna pada rambut dengan pengecatan rambut berbeda, karena masing-masing pengerjaannya berbeda. Pengecatan tujuannya mengubah warna rambut secara keseluruhan, dan harus sering dilakukan karena pada saat rambut tumbuh, warna rambut asli akan muncul kembali. Sedangkan highlight hanya dilakukan pada beberapa bagian rambut yang disesuaikan dengan keinginan, bentuk wajah, dan kulit wajah. Jika rambut tumbuh makin panjang, efeknya semakin bagus karena highlight semakin membaur dengan warna rambut asli.
Tips Mendapatkan Highlight atau Aksen Warna Rambut yang Cocok Buat Anda
Highlight rambut warna merah muda tertata apik dengan riasan 'metal'

Menurut para ahli penata rambut, manfaat dan fungsi aksen warna pada rambut yang utama yaitu memberi nilai tambah terhadap suatu model guntingan rambut supaya memberi kesan 'dalam' dan menonjolkan gerakan rambut. Dengan highlight, warna rambut pun seolah-olah akan dibuat alami dan bergradasi.

Selain itu, garis-garis vertikal dari highlight dapat membantu memberi kesan ramping pada wajah. Contohnya, jika pipi Anda dirasa gemuk, aksen warna pada rambut bisa 'menyempurnakan' bentuk wajah.

Sekarang, saatnya kita mulai memilih warna apa yang sesuai untuk highlight rambut kita sendiri? Warna highlight yang sesuai dengan warna kulit orang Indonesia begitu beragam, mulai dari cokelat, kemerahan, ungu, blonde atau kekuningan. Hindari warna yang bernuansa oranye.
Tips Mendapatkan Highlight atau Aksen Warna Rambut yang Cocok Buat Anda
Highlight rambut warna cokelat cocok bagi orang Indonesia

Berikut ini tips mendapatkan highlight atau aksen warna rambut yang cocok buat Anda:

  • Sesudah Anda memutuskan pilihan warna , lakukan uji coba terlebih dahulu. Mula-mula ambil beberapa helai rambut di bagian belakang, lalu bubuhkan cat dengan warna yang sudah Anda pilih. Tunggu sampai warna menyatu dengan rambut. Bila hasilnya sesuai dengan keinginan, lanjutkan pengecatan pada bagian-bagian rambut lainnya sesuai keinginan. Uji ini disebut strand test.
  • Langkah berikutnya, lakukan pewarnaan, baik dilakukan sendiri maupun oleh penata rambut di salon. Pengerjaan ini tak memakan waktu yang lama.
  • Mulai dengan pengecatan pada beberapa helai rambut dari bagian rambut sesuai keinginan dengan teknik slicing (mengangkat helai ramut bagian luar dengan dua jari yang selanjutnya dicat). Selanjutnya bungkus bagian rambut yang sudah dicat dengan aluminium foil. Biarkan selama 15-20 menit, lalu periksa apakah warna yang terbentuk sudah sesuai dengan keinginan. Bila sudah sesuai, cuci rambut untuk ditata.
  • Warna rambut highlight ini memiliki daya tahan cukup lama. Terkecuali bila rambut dipotong atau dikembalikan ke warna asalnya dengan cara toning.
  • Bila rambut Anda telah diberi highlight, jangan abaikan perawatannya, yaitu dengan melakukan creambath secara teratur, memakai masker rambut, dan membubuhkan conditioner setiap kali habis bershampoo. Sesuaikan warna riasan dengan aksen warna rambut. Misalnya, memakai tata rias yang agak 'metal' untuk rambut yang di-highlight dengan warna muda.
Itulah tips mendapatkan highlight atau aksen warna rambut yang cocok buat Anda. Sekarang, Anda tinggal bereksperimen untuk rambut Anda sendiri.