Khasiat Dibalik Kelezatan Sayuran (Gambas, Kacang panjang, Terong)

Untuk selalu sehat, alam sudah menyediakan keperluan itu bagi tubuh kita. Tak perlu jauh-jauh memikirkan suplemen, obat, atau produk-produk kesehatan lainnya. Di meja makan yang setiap harinya terhidang aneka menu masakan ternyata sangat berkhasiat bagi tubuh. Sebut saja bayam, kangkung, terong, wortel, kacang panjang. Khasiat dibalik kelezatan sayuran seperti gambas, kacang panjang, bayam, terong,  labu siam tak kalah manjurnya dengan produk-produk kesehatan yang beredar di pasaran. Bahkan, sayuran tersebut memiliki kelebihan yaitu sangat minim menimbulkan efek samping bagi tubuh. Nah, apa saja khasiat sayuran mayur tersebut. Berikut ini ulasannya.
Khasiat Dibalik Kelezatan Sayuran (Gambas, Kacang panjang, Terong)
Terong enak dimasak balado, juga berkhasiat untuk perhalus kulit wajah

1. Buah gambas atau oyong
Buah muda gambas yang biasa hadir di dalam masakan sup dan tumis ini sangat segar disantap dan memberikan efek mendinginkan bagi tubuh. Buah sayur ini juga berkhasiat bagi tubuh, yaitu mengobati demam atau panas dingin. Cara membuat ramuan herbal ini: ambil biji oyong yang sudah tua, lalu dijemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, dibuang kulit bijinya, lalu isi atau keping lembaganya kita makan layaknya kita memakan kuaci. Alternatif lainnya, bisa langsung diminum layaknya kita minum obat pil.

2. Kacang panjang
Baik daun dan buahnya yang masih muda bisa dibuat untuk aneka masakan seperti tumis, sup, sup bersantan atau lodeh, lalapan, pecel, rujak, dll. Rasanya enak, segar, dan bersifat mendinginkan. Bagi kaum hawa sehabis melahirkan, tanaman ini sangat berguna untuk mengobati rasa sakit dan payudara yang membengkak. Cara membuat ramuan dari sayuran ini: ambil satu kepal daun kacang panjang, lalu cuci bersih dengan air kapur sirih. Selanjutnya diremas-remas sampai lumat dan tempelkan ke bagian payudara yang membengkak. Lumatan daun kacang panjang ini akan cepat mengering, karena hawa panas payudara yang membengkak. Oleh karena itu, bila lumatan daun telah kering, segera ganti dengan yang baru. Lakukan hal seperti terus-menerus sampai payudara tak terasa bengkak, panas, dan sakit.

3. Terong
Terong memang sangat enak kalau dimasak balado, tumis, sayur lodeh, bahkan dibuat lalapan juga sangat enak. Hampir semua orang menyuka aneka masakan berbahan dasar tanaman kerabat tomat ini. Tak hanya enak dimakan, buah ini juga berkhasiat sebagai penghalus kulit wajah dan mengobati panu.
Resep untuk mengobati penyakit panu
Ambil buah terong, bersihkan, lalu belah jadi dua, selanjutnya cacah-cacah bagian permukaan atasnya sampai berair. Ambil sedikit belerang, tumbuk sampai halus, lalu taburkan di atas permukaan terong yang telah dicacah-cacah tadi. Selanjutnya, gosokkan pada bagian yang terkena panu. Lakukan beberapa kali sampai sembuh.
Resep untuk penghalus kulit wajah
Ambil buah terong ungu berukuran agak besar, bersihkan, lalu belah dua tapi tidak sampai terputus. Ambil sedikit belerang, taburkan di atas permukaan belahan buah terong tersebut, katupkan lagi, ikat kuat-kuat, selanjutnya kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang. Setelah dingin, gosokkan pada wajah dan leher Anda. Lakukan secara teratur, dan lihat perkembangan kulit wajah Anda. Halus dan cerah.

Itulah khasiat dibalik kelezatan sayuran untuk gambas, kacang panjang, dan terong. Selain nikmat disantap saat menjadi aneka masakan berselera, sayuran tersebut juga bisa menjadi obat yang manjur untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.