Cara Cepat Membuahkan Tabulampot Jambu Cincalo

Cara cepat membuahkan tabulampot jambu cincalo yaitu memberi perlakuan stress air selama 6-7 hari dan pemberian pupuk NPK (1:3:3) dosis 2-3 sdm tiap 2 minggu. Pastikan sebelum diberi perlakuan tersebut, tanaman dalam kondisi sehat. Satu bulan sejak perlakuan, tanaman akan mulai berbunga walau pada bulan-bulan basah. Lazimnya, bunga akan bermunculan pada bulan Mei atau awal permulaan musim kemarau.
Cara Cepat Membuahkan Tabulampot Jambu Cincalo
Bibit jambu cincalo
Jambu cincalo dikenal juga dengan sebutan jambu semarang. Tanaman ini berhabitus perdu atau pohon pendek setinggi 5-15 meter saja. Tajuknya membulat, rapat sehingga berpenampilan anggun bila ditanam di dalam pot. Saat berbunga, muncul dari ketiak daun yang jumlahnya antara 3-30 kuntum. Bunga yang berhasil mengalami penyerbukan akan membentuk buah. Bentuk buahnya seperti lonceng layaknya buah pir. Warna buah merah, mengkilap seperti ada lapisan lilin. Saat berbuah, tabulampot jambu cincalo akan tampil sangat cantik dan mempesona.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan supaya cepat membuahkan tabulampot jambu cincalo yaitu pemilihan bibit berkualitas, media tanam yang tepat dan perawatan yang intensif. Ambil bibit yang berasal dari perbanyakan okulasi atau sambung pucuk. Media campuran pasir, sekam dan tanah sangat cocok untuk tanaman ini karena porous dan aerasinya bagus. Campuran media tanam tersebut juga ditambahkan pupuk kandang yang sudah matang untuk menyediakan unsur-unsur hara yang bersifat low release.

Jambu cincalo menyukai sinar matahari penuh sepanjang hari. Ia akan tumbuh baik dalam kondisi lingkungan yang tak ternaungi. Jambu semarang ini bisa tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian mula 14-1.000 meter dari permukaan air laut. Perawatan tanaman terbilang mudah, pemupukan hanya perlu dilakukan tiap 2 bulan sekali dan penyemprotan hama rutin tiap bulan sekali.

Selama perkembangan buah pentil, lakukan pembungkusan dengan kertas koran atau plastik berlubang supaya lalat buah tidak bertelur di dalam buah jambu cincalo. Rasanya yang manis segar itu sangat disukai oleh larva-larva lalat buah. Dengan demikian, hasil penerapan cara cepat membuahkan tabulampot jambu cincalo ini bisa dinikmati keindahan dan rasanya di halaman rumah Anda. Selamat mencoba.