Khasiat Aromaterapi Berdasarkan Bahannya

Pemakaian bahan-bahan beraroma untuk keperluan terapi akan memberikan banyak khasiat, antara lain; kesegaran kulit lelah dan kering, kulit terasa segar dan rileks, kesegaran kulit berminyak, melembabkan kulit, melancarkan peredaran darah, dll. Nah, bahan-bahan apa sajakah yang memiliki khasiat aromaterapi terhadap tubuh kita? Simak penjelasan berikut ini.
Khasiat Aromaterapi Berdasarkan Bahannya
Tak hanya harum, juga berkhasiat untuk kesehatan

Penggunaan bahan-bahan beraroma untuk therapy telah ada sejak peradaban Mesir kuno. Pada masa itu, mereka menggunakan bahan-bahan beraroma tersebut untuk campuran kosmetik, obat, dan pengawet jenazah. Seiring perkembangan jaman, aromaterapi banyak digunakan untuk melengkapi perawatan tubuh dan kecantikan.

Aroma yang menguar diharapkan dapat memberi rangsangan pada syaraf otak supaya rileks dan terasa segar. Pengolesan bahan aroma pada kulit juga diharapkan bisa memberi efek positif bagi keindahan dan kesehatan kulit. Khasiat tersebut berkat adanya essential oil yang khas dari bahan-bahan beraroma. Berikut ini beberapa khasiat aromaterapi berdasarkan bahan-bahannya.

1. Bunga mawar berkhasiat untuk menyegarkan kembali kulit yang lelah dan kering.
2. Bunga melati berkhasiat membuat kulit terasa segar dan santai.
3. Buah lemon berkhasiat untuk menyegarkan kulit berminyak.
4. Daun peppermint berkhasiat untuk melembabkan kulit.
5. Kayu-kayuan berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Cara pemakaiannya:

  • Mandi berendam ke dalam air hangat yang telah ditetesi essential oil pilihan Anda.
  • Mengoleskan essential oil secara langsung pada kulit tubuh mulai dari leher ke bawah sambil dipijat-pijat.
  • Menghirup aromanya dengan cara mencampur essential oil dengan air hangat kemudian dibakar di suatu wadah khusus (oil burner) yang bisa Anda dapatkan di toko-toko aromaterapi.