Monitoring Penurunan Berat Badan, Timbangan vs Lingkar Badan

Progress penurunan berat badan yang sedang mengikuti program diet dan olah raga teratur memang akan berjalan secara bertahap pada setiap tahapan. Pada tahapan pertama untuk mengurangi kalori, akan terjadi penghilangan lemak, lalu otot, dan selanjutnya air di dalam tubuh. Setelah berjalan kurang lebih 2 minggu, akan lebih banyak terjadi penurunan berat dari bagian otot dan air yang berkurang.
Gunakan ukuran lingkar badan ketimbang timbangan untuk melihat progress penurunan berat badan Anda

Selanjutnya, memasuki minggu ke-3 dan ke-5, tubuh akan mulai sedikit ada penambahan berat badan dari bagian otot dan air. Dalam kondisi ini, Anda disebut sedang mengalami 'plateu' yaitu suatu kondisi berat badan yang tak mengalami perubahan baik turun maupun naik. Terkadang malah cenderung terjadi sedikit pertambahan berat badan, karena otot yang bertambah akan lebih berat daripada kehilangan lemak. Namun, bila Anda terus-menerus melakukan kombinasi program penurunan berat badan dengan cara diet dan olah raga, hasilnya akan lebih baik lagi.

Progress penurunan berat badan memang sebaiknya terjadi secara perlahan-lahan dan secara bertahap. Orang-orang yang menerapkan program penurunan berat badan lebih dari setengah kilogram dalam waktu 1 minggu, akan kehilangan lebih banyak otot dan air, disusul selanjutnya dengan meningkatnya berat badan kembali. Kondisi seperti ini tak bisa terelakkan bagi orang yang sedang menerapkan program ini.

Kondisi 'plateu' memang membuat kecewa. Supaya tak kecewa dengan angka timbangan, jangan menggunakan timbangan untuk memonitor perkembangan penurunan berat badan Anda, tapi pakailah ukuran lingkar badan Anda. Dalam hal ini, penurunan ukuran tubuh akan lebih berarti daripada angka penurunan berat badan. Karena, hal yang terpenting yaitu berkurangnya lemak dari dalam tubuh Anda.

Bila seseorang yang menjalani program diet dan dibarengi olah raga, ternyata mengalami penurunan sebesar 10% dari berat badannya, maka sebaiknya disarankan untuk dihentikan sementara dulu. Hal ini bertujuan supaya tubuh memiliki waktu untuk melakukan penyesuaian. Berdasarkan hasil penelitian, progress penurunan berat badan sebaiknya hanya di kisaran 5-10% saja pada satu waktu. Setelah 12 minggu, berat badan masih bisa dipertahankan, maka tubuh Anda siap melaksanakan program penurunan berat badan selanjutnya. Target menurunkan berat badan selanjutnya maksimal 10% saja. Demikian seterusnya sampai Anda memperoleh berat badan yang diinginkan.