Khasiat Nangka Untuk Pelenyap Noda Hitam di Wajah

Buah nangka memiliki rasa yang manis dan harum baunya. Enak dikonsumsi saat masih segar. Buah mudanya atau 'gori' atau 'tewel' orang Jawa bilang, biasa dimasak sayur. Bisa dijadikan masakan tumisan, lodeh, sup asam, dan gudeg. Untuk orang Jawa, terutama Yogyakarta dan sekitarnya, makanan gudeg sudah menjadi kuliner khas orang Jogja. Selain enak dikonsumsi, ternyata ia berkhasiat obat. Khasiat nangka bisa menyembuhkan penyakit bercak-bercak putih di wajah, melenyapkan noda hitam sekaligus membersihkan kulit dan melegakan pernapasan.
Khasiat nangka
1. Untuk menyembuhkan penyakit tutup atau bercak-bercak putih di wajah
Caranya: ambil 3 babal nangka (calon bakal buah nangka yang tak jadi), lalu cuci bersih, selanjutnya diiris tipis-tipis. Irisan babal nangka ini dikonsumsi dalam keadaan mentah. Supaya enak, buat urap, pecel, atau rujak bersama bahan-bahan sayur dan buah lainnya. Konsumsi secara rutin babal nangka ini sampai bercak-bercak putih di wajah lenyap.
Nangka banyak khasiatnya
2. Untuk menghilangkan noda hitam di wajah serta membersihkan kulit
Caranya: ambil beberapa helai daun nangka yang sudah berwarna kuning, rendam di dalam wadah yang berisi air, lalu embunkan selama semalam. Keesokan harinya, saat akan mandi, daun tersebut diremas-remas, selanjutnya gosok-gosokkan ke wajah atau kulit di bagian tubuh lainnya. Lalu dicuci dengan air bekas rendaman tadi. Selanjutnya, mandi memakai sabun bayi. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur, niscaya noda hitam pun lenyak dan kulit tampak cerah.

3. Untuk mengatasi gangguan sesak nafas
Caranya: ambil beberapa babal nangka, lalu cuci bersih dengan memakai air panas, selanjutnya dikonsumsi. Lakukan secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa khasiat nangka yang bisa dipersembahkan kali ini. Babal nangka atau buah nangka yang tak jadi memang sudah terbiasa dikonsumsi sebagai rujakan oleh orang-orang dulu. Sayangnya, sekarang ini sulit ditemui lagi orang-orang membuat rujak berbahan dasar babal nangka, pace, daun muda jambu biji, asam jawa, nanas, dll. Padahal, semua bahan-bahan tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita supaya tak mudah terserang penyakit.