Nikmat, Segar, Sehat Konsumsi Stroberi Plus Cegah Kanker

Selain nikmat, segar, sehat konsumsi stroberi juga bisa cegah kanker payudara dan leher rahim. Selain itu, buah berwarna merah cantik ini juga mampu menekan serangan jantung. Khasiat ini bisa diperoleh dari konsumsi langsung buah segar maupun produk olahan buah bernama latin Fragaria vesca ini.
Nikmat, Segar, Sehat Konsumsi Stroberi Plus Cegah Kanker
Stroberi, kaya antioksidan dan vitamin C
Kemunculan kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tak normal, perkembangbiakan cepat dan tak terkendali. Perkembangan yang seperti ini bisa dihambat bahkan berkurang dengan cara konsumsi buah berbentuk hati ini. Konsumsi 5 jenis buah dan sayuran mampu menghambat perkembangan kanker 20%. Hal ini berkat kandungan asam folik atau vitamin B yang terdapat di dalam buah dan sayuran. Buah subtropis ini memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Terutama kandungan senyawa quercetin, ellagic acid, antosianin dan kaempferol.

Semua jenis buah bagus untuk kesehatan tubuh karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Peran antioksidan itu sendiri bisa diibaratkan seperti pelindung tubuh dari radikal bebas. Antioksidan ini akan mencegah pembentukan senyawa karsinogen, memblokir proses karsinogenesis dan menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

Di dalam buah stroberi juga terkandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga turut mendukung khasiat sebagai pencegah perkembangan sel-sel kanker. Kandungan vitamin C di dalam buah subtropis ini sekitar 56,7 mg tiap 100 gram. Vitamin C yang terkandung dalam stroberi mampu mereduksi risiko kanker sampai 37%. Varietas stroberi yang bagus untuk kanker payudara dan leher rahim yaitu carlsbad, sweet charlie. Senyawa antosianin yang ada pada stroberi varietas sweet charlie merupakan senyawa antimutagenik. Antimutagenik akan mencegah sel-sel tubuh yang sedang berkembang bermutasi menjadi sel kanker. Untuk mengkonsumsinya bisa dalam bentuk ekstrak maupun dibuat jus segar.

Asam folik pada stroberi mampu menekan risiko kanker usus dan kanker payudara. Sangat cocok dikonsumsi wanita usia lanjut dan wanita yang memiliki kebiasaan meneguk minuman beralkohol. Dengan konsumsi stroberi, mengurangi risiko kanker usus sampai 75% dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi buah stroberi sama sekali.

Manfaat lain dari konsumsi buah berbentuk hati ini yaitu mencegah jantung koroner, menekan hipertensi, atasi gangguan pencernaan, hati, murus-murus, rematik, radang sendi dan encok. Selain rasanya yang nikmat, segar, sehat, konsumsi stroberi ternyata banyak memberikan faedah bagi pengobatan.