Buah Pir yang Segar, Sehat, Bergizi Tinggi

Tahukah Anda bahwa pir mengandung paket nutrisi yang sempurna? Seorang ahli gizi menuturkan, buah pir adalah sumber serat diet yang sangat baik. Satu buah pir mengandung sejumlah serat yang sama dengan satu setengah cangkir nasi merah (brown rice). Pir adalah juga sumber potasium yang baik, jenis mineral penting yang diperlukan oleh tubuh Anda agar tetap sehat.

Atasi stress
Di dunia ini terdapat lebih dari 3.000 jenis pir yang telah diketahui. Namun, hanya beberapa jenis saja yang dibudidayakan dan memiliki nilai komersial tinggi. Australia beruntung karena memiliki salah satu dari lingkungan terbaik di dunia yang bagus untuk perkebunan pir. Australia memiliki reputasi internasional sebagai negara yang hijau dan bersih lingkungannya. Dari perkebunan yang dikelola dengan mempertimbangkan aspek budidaya dan ekosistemnya telah dihasilkan pir-pir yang enak, sehat, dan bergizi tinggi. Pir-pir ini mudah ditemui di toko-toko dan pasar-pasar swalayan terdekat Anda.

Para ahli kesehatan berkata, cara kita makan dan apa yang kita makan penting untuk mengurangi stress dan memberikan energi bagi kita untuk melakukan segala aktifitas dalam kehidupan ini. Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang, terutama wanita dan anak-anak membutuhkan energi tambahan di antara waktu makan utama. Buah pir Australia merupakan buah yang cocok untuk kebutuhan ini.

Cocok bagi yang sedang diet
Buah pir adalah kudapan sehat alami yang cocok bagi mereka yang sedang menjalani program berat ideal karena buah ini tak mengandung lemak sama sekali. Serat-serat yang terkandung di dalam buah pir akan bekerja secara perlahan-lahan di dalam tubuh dan akan menghasilkan energi yang dapat memperbaharui sel-sel kulit, otot, dan sel-sel darah. Konsumsi buah pir tak akan menimbulkan efek samping karena tak mengandung zat-zat kimia berbahaya seperti residu pupuk atau bahan pengawet lainnya. Ia bisa dijadikan sebagai makanan konsumsi dari program diet khusus Anda yang sensitif terhadap jenis-jenis makanan tertentu.

Dengan demikian, pir bagus untuk kesehatan dan cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang sensitif atau alergi terhadap makanan. Buah pir bebas dari kalori, bersifat tonik sehingga bagus dikonsumsi bagi orang-orang yang suka berolahraga. Kandungan sodium rendah, tanpa lemak atau kolesterol, sumber vitamin C tinggi. Vitamin C ini bagus meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mencegah demam dan flu.

Jenis-jenis buah pir yang tersedia di pasaran, antara lain; William, Packham, Red Sensation, Red Williams dan Comice. Berikut ini tips membeli buah pir yang bagus:

  • Buah pir yang matang akan mengeluarkan aroma manis. Buah pir yang masih mudah tak mengeluarkan aroma apa-apa.
  • Tekan bagian leher atau bagian dekat tangkai buah pir dengan lembut. Bila terasa lembek, maka buah pir tersebut telah siap disantap.
  • Simpan buah pir matang siap santap di lemari es.